Translate

Pages

Sunday 19 January 2014

8 Olahan dari Jahe

Olahan jahe memang sudah bermacam-macam saat ini mengingat dari sekian jenis jahe masing-masing memiliki manfaat khasnya tersendiri, dan kali ini saya akan berbagi olahan-olahan tersebut setidaknya hanya ini yang dapat saya kumpulkan, semoga bermanfaat ^_^

1. Jahe Kering

Jahe kering

Bentuk bubuk jahe kering sangat populer di Eropa dan Amerika Serikat sebagai penyedap untuk sajian salad, permen panggang, sup, kari, daging, dan makanan penutup, seperti roti jahe dan kue kering jahe. Jahe kering memang cocok digunakan sebagai penyedap makanan, tetapi jenis ini tidak bisa menggantikan penggunaan jahe segar dalam sebuah resep.

Jahe kering dapat disimpan pada suhu ruangan yang jauh dari cahaya dan panas. Dengan cara ini, daya tahan mencapai 6-7 bulan sebelum rasa dan aromanya mulai berkurang. Jahe kering yang masih bagus ditandai dengan aromanya yang pedas.

2.Jus Jahe 
jus jahe

Jus jahe berbentuk cair dan mudah ditakar sehingga sering digunakan dalam memasak dan memanggang kue. Sajian yang sering menggunakan jus jahe, yaitu bumbu-bumbu perendam daging, saus panggang, salad, gorengan, daging, ikan, unggas, sup, dan minuman seperti teh ataupun minuman buah.

Jus jahe bisa sebagai pengganti jahe segar ataupun jahe kering. Jus jahe dapat pula digantikan dengan jahe bubuk kering; 1 sendok makan jus sama dengan 1 sendok makan jahe parut segar atau 1 sendok teh bubuk jahe.

3. Sirup Jahe
sirup jahe

Sirup jahe adalah jahe segar yang telah dimasak dalam gula dan air sehingga rasanya manis. Sirup jahe digunakan sebagai selai, saus, dan makanan panggang. Sirup jahe juga dapat ditambahkan pada air soda dan bahan-bahan lain untuk membuat minuman berasa jahe.

4. Manisan Jahe
manisan jahe

Manisan jahe adalah jahe yang telah dicacah menjadi potongan kecil, dimasak dalam sirup jagung, kemudian dilapisi gula. Manisan jahe yang dijual di pasaran biasanya berwarna agak emas, ada juga manisan jahe merah. Manisan jahe merupakan bentuk yang umum digunakan untuk daging, unggas, makanan pencuci mulut, kue seperti kue jahe, dan permen. Manisan jahe juga ditambahkan sebagai hiasan makanan yang meleleh dan topping manis.

5. jahe Instan
jahe instan

Jahe selain dapat digunakan untuk bumbu masakan, juga sering dikonsumsi sebagai wedang jahe, terutama di daerah dingin untuk menghangatkan tubuh. Di daerah bersuhu dingin, meminum wedang jahe hangat memiliki kenikmatan tersendiri. Namun, kadang kala kita sedikit malas untuk membuat wedang jahe karena memang sediki rumit, apalagi harus membersihkan rimpang terlebih dahulu, kemudian dibakar, sebelum akhirnya jahe direbus. Untuk mengatasi kemalasan itu, salah satu upaya pengolahan jahe adalah dengan membuat jahe instan. Sehingga jahe bisa dibuat minuman dengan mudah sewaktu-waktu membutuhkan.

6. Roti Jahe
roti jahe

Roti jahe adalah makanan-produk manis dibumbui dengan jahe dan biasanya menggunakan madu atau molasses (sirup) bukan hanya gula. Makanan roti jahe bervariasi, mulai dari yang lembut, lembab roti kue untuk sesuatu yang dekat dengan biskuit jahe. Berbagai jenis kemungkinan memiliki asal-usul yang sama.

7. Asinan Jahe
asinan jahe

Asinan jahe merupakan salah satu bentuk olahan jahe (segar). Jepang dan Timur Tengah adalah pasar terbesar jahe awet ini. Untuk membuat jahe asinan ini biasanya menggunakan jahe badak yaitu jahe yang dipanen ketika berumur 3-4 bulan hal ini karena kandungan seratnya tidak begitu banyak dan tidak terlalu pedas.

8. Permen Jahe
permen jahe

Permen jahe adalah sebuah jenis kembang gula yang berbahan dasar gula dan jahe. Permen jahe merupakan permen yang tergolong kuno. Permen ini sudah tercatat di dalam buku Island of Java karya John Joseph Stockdale, pelancong berkebangsaan Inggris, yang menyebutkan, pada tahun 1778 Belanda mengirim sebanyak 10.000 pon (atau sekitar 5.000 kilogram) produk yang disebut candied ginger dari Batavia ke Eropa. Makanan ini digemari di Eropa karena menyembuhkan kembung dan flatulensi. 

7 comments:

  1. Saya sangat senang dengan makanan olahan berbahan dasar jahe.. selain sehat bisa untuk meningkatkan pendapatan petaninya bila dibuat dlm skala yang lebih besar karena jahe juga diminati tidak hanya orang indonesia.. t kasih info ttg jahe untuk menambah wawasan saya

    ReplyDelete
  2. email saya: yunsuryanti@yahoo.com

    ReplyDelete
  3. cara membuat olahan jahe di atas bagaimana

    ReplyDelete
  4. MOHON DENGAN SANGAT UTK REFERENSI SEKOLAH KAMI TENTANG 8 RESEP BAGAIAMANA CARA MEMBUAT DAN JUGA RESEPNYA ,KIRIM KE bandrio.kayumas@yahoo.com

    ReplyDelete
  5. ada yg punya info bgmn cara membuat jus jahe? kalo ada boleh di email ke : dediksoe68@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum, maaf sebelumnya salah satu bahan olahan jahe adalah dodol jahe

    ReplyDelete

Senang rasanya jika anda bisa berkomentar di sini, semoga kita dapat berdiskusi dengan baik. Untuk bisa berkomunikasi dengan sesama pengomentar harap cantumkan identitas seperti email atau nomor handphone anda agar pembaca lain dapat menghubungi anda.