Translate

Pages

Sunday 19 January 2014

10 Negara Pengekspor Jahe Dunia

1. India
Republik India adalah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu miliar jiwa, dan adalah negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis.
negara pengekspor jahe

Negara yang beribukota di New Dehli dan bermata uang rupee ini merupakan negara pengekspor jahe terbesar di dunia yang pada tanggal 2011 lalu telah mengekspor jahe sebanyak 702.000 juta ton.

2. RRC (China)
Republik Rakyat Cina adalah sebuah negara komunis yang terdiri dari hampir seluruh wilayah kebudayaan, sejarah, dan geografis yang dikenal sebagai Cina. Sejak didirikan pada 1949, RRC telah dipimpin oleh Partai Komunis Cina.

negara pengekspor jahe

Negara yang terkenal merupakan pembuat produk elektronik murah ini juga ternyata merupakan pengekspor jahe terbesar juga lho.. jadi tidak semua negara bagian China merupakan kota industri, dari data tahun 2011 yang ditemukan penulis, China mengekspor jahe sebanyak 388.886 juta ton.

3. Nepal
Nepal, terletak di kawasan pegunungan Himalaya, adalah sebuah Negara terkurung daratan di Asia Selatan yang berbatasan dengan Republik Rakyat Cina di sebelah utara dan India di barat, timur, dan selatan.

negara pengekspor jahe

Negara yang berbatasan dengan India ini ternyata merupakan pengekspor jahe ke tiga di dunia, data dari FAO tahun 2011 negara ini telah memproduksi jahe sebanyak 216.289 juta ton.

4. Nigeria
Republik Federal Nigeria adalah sebuah negara di Afrika Barat. Negara ini berbatasan dengan Benin di sebelah barat, Chad dan Kamerun di sebelah timur, Niger di sebelah utara dan Teluk Guinea di sebelah selatan.
negara pengekspor jahe

Negara yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 168,8 juta jiwa ini mampu memproduksi jahe sebanyak 160.000 juta ton.

5. Thailand
Kerajaan Thai, yang lebih sering disebut Thailand dalam bahasa Inggris, atau dalam bahasa aslinya Mueang Thai, adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja di timur.

negara pengekspor jahe

Negara yang juga disebut negerinya gajah ini juga memproduksi jahe sebagai salah satu komoditinya, Thailand memproduksi jahe sebanyak 152.630 juta ton.

6. Indonesia
Republik Indonesia disingkat RI atau Indonesia adalah negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.
negara pengekspor jahe

negara kita tercinta ini juga terkenal sebagai produsen jahe dunia, tersebar di pulau jawa, sumatra dan sulawesi selatan pera petani jahe Indonesia mampu menghasilkan jahe sebanyak 94.743 juta ton.

7. Bangladesh
Republik Rakyat Bangladesh adalah sebuah negara di Asia Selatan yang berbatasan dengan India di barat, utara, dan timur, Myanmar di tenggara, serta Teluk Benggala di selatan.

negara pengekspor jahe

Bangladesh terletak di Delta Sungai Gangga-Brahmaputra. Delta ini terbentuk oleh pertemuan Sungai Gangga(nama setempat Padma atau PĂ´dda), Brahmaputra (Jamuna atau Jomuna), Meghna, dan anak-anak sungai yang berhubungan dari Himalaya. Tanah aluvial yang diendapkan oleh sungai-sungai itu telah menciptakan daratan yang amat subur, sehingga pertumbuhan tanaman jahe juga baik dikembangkan di Banglades, pada tahun 2011 Bangladesh menghasilkan jahe sebanyak 74.380 juta ton.

8. Jepang
Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Cina, Korea, dan Rusia.

negara pengekspor jahe

negara yang juga di kenal sebagai negara teknologi dan mode di Asia ini menghasilkan jahe sebanyak 54.200 juta ton.

9. Kamerun
Republik Kamerun adalah sebuah republik kesatuan di Afrika tengah dan barat. Ia berbatasan dengan Nigeria di barat, Chad di timur laut, Republik Afrika Tengah di timur, dan Republik Kongo, Gabon, dan Guinea Khatulistiwa di selatan.

negara pengekspor jahe

Daerah yang sekarang dikenal sebagai Kamerun pertama dihuni dalam zaman neolitikum ini juga menghasilkan jahe sebanyak 40.531 juta ton.

10. Taiwan
Taiwan saat ini juga diklaim oleh Republik Rakyat Cina (RRC) walaupun RRC tidak pernah menguasai Taiwan atau satupun wilayah Republik Cina saat ini yang sering dirujuk sebagai "Taiwan". RRC mendasarkan klaimnya dengan berpendapat bahwa RRC merupakan penerus Republik Cina sejak 1949, dan Republik Cina telah memerintah Taiwan selama 4 tahun dari 1945 sampai 1949.

negara pengekspor jahe

Negara yang merupakan pemroduksi smartphone HTC ini juga memproduksi jahe di sektor pertanian dan hasil buminya, Taiwan memproduksi jahe sebanyak 36.617 juta ton pada tahun 2011.

Sumber: Wiki & FAO

No comments:

Post a Comment

Senang rasanya jika anda bisa berkomentar di sini, semoga kita dapat berdiskusi dengan baik. Untuk bisa berkomunikasi dengan sesama pengomentar harap cantumkan identitas seperti email atau nomor handphone anda agar pembaca lain dapat menghubungi anda.